Home » , , » “Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang”

“Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang”

Written By Karida Salim on Jumat, 04 Juli 2014 | 03.06



Kehadiran Yamaha YZF-R25 dan YZF-R15 menjadi motor sport paling diminati konsumen Indonesia. Yamaha R25 dan R15 menghadirkan keunggulan yang tidak ada pada kompetitornya.

Bila menyimak Yamaha R25, pengembangan dimulai dari lintasan balap Yamaha YZR-M1 dan bahkan melibatkan pembalap juara dunia MotoGP, Valentino Rossi. Wajarlah bila Yamaha R25 disebut sebagai Baby M1.

Mengusung tema “Rev Your Ego” Yamaha R25 memiliki keunggulan yang disuguhkan pada konsumen yakni Revs the engine – Hear it Roars – Feel the power.

Yamaha R25 walaupun dikemas sebagai motor sport 250 cc dan berkarakter predator tapi tetap andal dan nyaman dikendarai harian. Karena Yamaha R25 mengusung tiga hal penting ; Fastest, Lightest dan Advanced.

Yamaha R25 memakai mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Adapun kompresinya mencapai 11,6:1.

Untuk motor sport di kelas 250 cc, performa Yamaha R25 paling terbesar mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.



Spesifikasi Yamaha R25
Dimensi
P x L x T                               :2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda                   :1.380 mm
Jarak terendah ke tanah          :160 mm
Tinggi tempat duduk                : 780 mm
Berat isi                                :       166 kg
Kapasitas tangki bensin         : 14,3 L
Rangka
Tipe Rangka                          : Diamond
Suspensi Depan                    :       Teleskopik
Suspensi Belakang                :       Swing Arm
Ban Depan                            :       110/70 – 17 M/C
Ban Belakang                        :       140/70 – 17 M/C
Rem Depan                           :       Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang                      :       Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin                           :       4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder          :       2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah               :       60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi         :       11,6 : 1
Daya maksimum                  :       27,2 kW / 1.200 rpm
Torsi maksimum                  :       23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter                      :       Electric Starter
Sistem pelumasan               :       Basah
Kapasitas oli mesin             :       Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar             :       Fuel Injection System
Tipe kopling                         :       Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi                      :       Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi    :       1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian                :       TCI
Battery                                :       GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi                             :       CR 93 (NGK)

Sementara Yamaha R15 terlahir dari keandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Mengusung daya tahan mesin 150 cc yang disempurnakan termasuk penggunaan transmisi enam percepatan.

Menguji keandalan Yamaha R15, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Jalur yang benar-benar menantang keandalan performa dan akselerasi mesin 150 cc milik Yamaha R15.

R15 mengandalkan mesin 150 cc LC4V menganut enam percepatan. Tak sekadar performa yang didapatkan R15 namun juga efesiensi bahan bakar kian optimal.

Tenaga dari mesin 150 cc milik R15 mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1.



Spesifikasi Yamaha R15
Kapasitas mesin                  :       149.8cc
Tipe Mesin                           :    SOHC
Perbandingan Kompresi        : 10.4 : 1
Max Power                          :     14.8 PS/8500 RPM
Max Torque                         :    13.10 nm/7500 RPM
Bore x Stroke                      : 57mm x 58.7 mm
Sistem Pengkabutan            :    Injeksi
Transmisi                            :     6 – Speed
Sistem Pendingin                :      Radiator
Ukuran Ban Depan              :      90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang          :   130/80-17 Tubeless
Rem Depan                        :     Cakram 245mm
Rem Belakang                    :  Cakram 220mm
Suspensi Depan                 :        Telescopic
Suspensi Belakang             :     Link Type Monocross
Kapasitas tangki                 :      12 Liter
Rangka                              :        Delta Box
Speedometer                      : semi digital



www.yamaha-motor.co.id

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar Anda mengenai artikel ini.